PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Metode STAR dalam Interview

08 September 2021

Salah satu tahapan yang harus dilalui saat melakukan seleksi kerja adalah interview. Proses interview dilakukan oleh perusahaan untuk lebih mengenal kandidat apakah sesuai / tidak dengan kebutuhan perusahaan. Informasi yang dibutuhkan untuk mengenal kandidat tentunya tidak sebatas jawaban ya / tidak karena interviewer akan bertanya terkait dengan pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui oleh kandidat.

Untuk bisa menjelaskan dengan baik terkait pengalaman yang ditanyakan oleh interviewer, kandidat bisa menjawab dengan metode STAR. Apa itu metode STAR? Metode Star dalam Interview adalah cara menjawab terkait pengalaman yang ada dengan lengkap dimana di dalamnya terkandung informasi terkait Situation (situasi), Task (tugas), Action (tindakan) dan Result (hasil). 

Situation (situasi) : menjelaskan terkait suatu peristiwa / situasi yang telah dilalui

Task (tugas)         : menjelaskan tugas dan tanggung jawab pribadi pada situasi tersebut

Action (tindakan)  : menjelaskan terkait tindakan nyata apa yang dilakukan pada situasi yang terjadi

Result (hasil)        : menjelaskan hasil akhir dari apa yang sudah dilakukan


Contoh menjawab pertanyaan dengan  metode STAR:

Saya pernah menjabat sebagai ketua divisi acara saat masa SMA. Tugas saya dan tim adalah untuk mengkoordinasikan acara yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu, persiapan pre- dan pra- acara juga menjadi tanggung jawab saya dan tim. Untuk memastikan acara dapat terlaksana dengan baik, saya selalu melakukan follow-up terkait persiapan yang sedang berjalan. Dengan demikian, timeline yang telah ditentukan dapat terlaksana tepat waktu dan acara dapat berlangsung dengan baik saat hari nya tiba. 

Dengan menjawab pertanyaan lebih detail menggunakan metode STAR, interviewer akan terbantu untuk mendapatkan gambaran tentang diri kandidat secara lebih jelas. Tidak ada jawaban benar / salah selama interview. Yang perlu diperhatikan selama interview adalah kandidat menjadi diri sendiri dan menceritakan pengalaman pribadi yang dirasa relevan dan menarik untuk diketahui oleh pihak perusahaan. Hindari menjawab pertanyaan dengan sangat singkat seperti ya,ya/tidak/lupa/terserah, tapi coba elaborasi cerita tersebut hingga memberikan gambaran yang utuh bagi interviewer. Ingat! Tetap fokus dengan pertanyaan dari interviewer sehingga proses komunikasi bisa mengalir dan sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

Sukses yah untuk mempersiapkan diri dalam menjalani proses seleksi kerja! 

Irene Fatrin S

Team Recruitment BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir