PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Menciptakan Well-being di BCA

11 March 2022

MENS sana in corpore sano adalah ungkapan klasik yang sudah lama kita kenal. Arti ungkapan itu adalah dalam raga yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. 

Namun, dalam dunia pekerjaan, seringkali fisik dan jiwa yang sehat diletakkan sebagai prioritas yang lebih rendah ketimbang pekerjaan itu sendiri. 

Dipacu oleh kesadaran untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi, ditambah dengan ketegangan karena keharusan beraktivitas di rumah saja, semakin banyak orang menyadari bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. 

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental merupakan suatu kondisi sehat utuh dengan mampu menyadari pikiran, perasaan, serta perilaku sehingga dapat produktif dan kolaboratif secara sosial dan ekonomi. Dengan kesehatan mental yang baik tentu akan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan. Untuk itu isu well-being menjadi hal penting yang diperhatikan di BCA. 

Well-being adalah perasaan lega dan bahagia mengenai situasi diri sendiri. Sebenarnya, hal ini menyangkut banyak aspek dalam kehidupan individu, antara lain kondisi rumah tangga, hubungan dengan orang lain, pekerjaan, dan aktivitas lainnya.

Dalam pekerjaan, well-being sering dikaitkan dengan kesehatan dan keamanan. Saat ini, terminologi well-being sudah digunakan secara meluas dan mencakup bagaimana setiap karyawan bisa mencapai tingkat kesehatan mental maupun fisik yang optimal. Tak hanya itu, kebahagiaan pribadi dan kepuasan kerja juga harus diperoleh. 

Program well-being di BCA sendiri mencakup 5 kategori besar, yaitu: karir, finansial, mental & fisik, sosial dan komunitas. BCA melakukan berbagai macam kegiatan yang mendukung well-being, mulai dari aktivitas yang mendukung karir dan finansial seperti: buddy program, team engagement, coaching/mentoring, pinjaman khusus karyawan, beasiswa karyawan, training mengenai finansial dan investasi. 

Tak hanya itu, di BCA juga banyak memiliki komunitas dan kegiatan berhubungan dengan olahraga, seni dan hobi yang dapat diikuti oleh seluruh teman-teman di BCA. Bahkan ada Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan acara-acara yang menarik. Semua kegiatan ini diadakan untuk mendukung well-being secara fisik, sosial dan komunitas. Bagaimana terkait mental? Tentunya BCA juga memiliki layanan konseling, health talk dan seminar-seminar kesehatan dengan topik-topik yang sangat bermanfaat. 

Tujuan program well-being memang menciptakan keseimbangan sehingga individu dapat mengembangkan potensinya untuk menjadi lebih kreatif, dapat membina hubungan lebih baik dengan orang lain, lebih terampil menanggulangi stres, dan pada akhirnya lebih produktif menciptakan kontribusi yang berarti. Hal-hal seperti inilah yang dapat membuat karyawan merasa bahagia, engaged, dan tentunya produktif.


Sumber: 

https://money.kompas.com/read/2021/03/13/080000526/menciptakan-employee-well-being.

https://www.dgip.go.id/artikel/detail-artikel/seminar-psikologi-djki-kesehatan-mental-selama-pandemi-penting-untuk-produktivitas-pegawai?kategori=liputan-humas

Steffi

Employer Experience & Communication Team

Artikel Lainnya

Cari Karir