PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Melek Keahlian yang Dibutuhkan bagi Calon IT Engineer Masa Kini

03 December 2021

Seiring dengan berkembang nya teknologi tentunya membuat siapa saja harus ikut beradaptasi agar tidak tertinggal, salah satunya adalah bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai IT Engineer. Sebagai IT Engineer, tentunya kamu tidak boleh Ku-Det (Kurang Update) terhadap segala perkembangan teknologi, karena itu merupakan salah satu fondasi yang dibutuhkan ketika memasuki ataupun memperkaya pengetahuan di dunia kerja baik dari soft skill maupun hard skill yang dimiliki.

Saat ini IT Engineer merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di masa sekarang maupun masa depan. Di BCA sendiri saat ini juga membuka kesempatan karir dibidang IT Engineer. Hal ini merupakan salah satu bentuk adaptasi yang dilakukan BCA  sebagai salah satu Bank swasta terbesar di Indonesia. BCA tentunya harus terus berinovasi dalam menghadirkan, merawat ataupun mengatasi problem terhadap aplikasi yang digunakan dalam mempermudah nasabah. 

Berikut ini contoh beberapa fungsi kerja serta hard skill yang kamu butuhkan untuk menjadi anggota #ITBCA masa kini:

  • Application Management: Menguasai minimal 1 bahasa pemrograman, memiliki logika pemrograman serta pengetahuan terkait mainframe programming dan IoT.

  • IT Architecture & Service Quality: Memiliki background IT serta minat di IT Architect untuk mengelola tools (IT Architect). Memahami konsep dan teknologi DevOPS (CI/CD, Ansible, Jenkins, Git), Infrastructure as a code dan SDLC. (Service Quality)

  • IT Infrastructure & Operation: Memiliki basic programming dan pengetahuan umum mengenai server, operating system, scripting (simple code), dan firewall.

  • Data Management & IT Management Office: Menguasai minimal 1 bahasa pemrograman, menguasai database, dan mengerti arsitektur big data.

  • Digital Innovation Solutions: Menguasai minimal 1 bahasa pemrograman, dapat memberikan design product atau fitur untuk solusi customer serta membuat product roadmap.

Sementara itu, ada beberapa soft skill yang perlu kamu miliki untuk menjadi anggota #ITBCA masa kini, antara lain:

  • Teamwork: Berkomitmen dalam membantu dan mendukung keputusan bersama.

  • Adaptability: Terbuka dalam menerima perubahan secara positif dan memandang sebuah perubahan sebagai kesempatan.

  • Commitment to Learn: Memiliki kemauan untuk belajar serta keingintahuan yang tinggi.

  • Resilience: Tidak mudah menyerah serta berkomitmen dalam mencari solusi.

  • Interpersonal Relation: Bertindak sopan, hormat, dan menghargai orang lain.

  • Drive for Result: Berkomitmen dalam memenuhi target tepat waktu.

  • Problem Solving: Dapat menyelesaikan masalah dengan mencari berbagai data ataupun referensi pengalaman. 

Demikian beberapa keahlian yang bisa kamu persiapkan untuk menjadi seorang IT Engineer masa kini, kurang nya percaya diri tentunya bisa menjadi salah satu hambatan kamu ketika merealisasikan profesi satu ini. Teruslah mencoba dan menjunjung komitmen agar dapat mencapainya. Apabila kamu tertarik untuk menjadi bagian dari #ITBCA, langsung kunjungi  website karir.bca.co.id, Sampai ketemu di BCA!

Nendi Putrawijaya

Internship BCA 

Artikel Lainnya

Cari Karir