PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Kok Kerjaannya Gini Sih?

14 January 2022

Siapa disini yang familiar dengan perumpamaan “rumput tetangga selalu lebih hijau?” 

Misalnya saat kita mendaftar pekerjaan, berharap mendapatkan  pekerjaan A namun malah berkesempatan bekerja dengan posisi yang lain. Mungkin pekerjaan tersebut dirasa kurang prestise, sulit, tidak dihargai orang lain, ataupun banyak alasan tidak menarik lainnya. Namun sadarkah kita, apapun pekerjaan yang kita lakukan sekarang  adalah pekerjaan terbaik yang kita  miliki saat ini dan dibalik itu ada suatu kesempatan, kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan pada kita.

Bayangkan seorang Office Boy yang bekerja begitu rajinnya, selalu membersihkan ruangan hingga ke detail-detail ruangan, datang merapikan ruangan paling pagi hingga larut malam. Pekerjaan yang ia lakukan seolah-olah tidak penting dan tidak disadari orang lain. Hingga suatu saat ada seorang karyawan yang penasaran kenapa Bapak Office Boy ini bekerja dengan begitu rajinnya. Ketika ditanya : “Pak, apa yang membuat Bapak mau melakukan hal ini begitu konsisten dan sepenuh hati setiap hari?”, jawabnya adalah : “Ya Pak, karena saya ingin setiap karyawan di ruangan ini menjadi nyaman dan bisa produktif menyelesaikan pekerjaannya hingga perusahaan ini terus berkembang menjadi lebih baik lagi.” Ternyata Bapak Office Boy ini tidak melihat pekerjaannya sebagai pekerjaan yang remeh, sederhana dan tidak bermanfaat. Namun ia percaya apapun hal kontribusi terbaik yang ia berikan memiliki makna dan tujuan yang lebih besar dari sekedar merapikan ruangan.

Hal tersebut berlaku untuk setiap pekerjaan yang kita lakukan, apapun peranan yang kita punya. Dengan sudut pandang yang tepat, kita bisa menghargai pilihan kita untuk berkomitmen melakukan yang terbaik dalam pekerjaan tersebut. Lakukanlah hal sekecil apapun dengan sepenuh hati serta syukuri kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada diri kita. Cobalah memiliki sudut pandang yang lebih luas tentang dampak yang bisa diberikan dari hasil pekerjaan kita.  

Jadi apapun pekerjaan dan pilihan karirmu, pastikan hal tersebut bermanfaat tidak hanya untuk pengembangan dirimu tapi juga untuk pihak-pihak lain yang dapat merasakan hasilnya. Ketika kita bersyukur dan memberikan yang terbaik, percayalah akan semakin besar kepercayaan dan tanggung jawab yang nantinya akan diberikan, kapasitasmu akan membesar dan teruslah bertumbuh menghasilkan karya yang lebih besar lagi!

Lunardi Ramli

Recruitment Team

Artikel Lainnya

Cari Karir