PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Kerja dalam Ruangan, Perlu Pakai Sunscreen?

10 August 2022

Kalian pasti tahu, dong, kesehatan adalah faktor utama yang berpengaruh ke segala aspek kehidupan, terutama dalam dunia kerja dan profesional. Banyak cara dalam menjaga kesehatan agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan, seperti olahraga, tidur cukup, serta makan sehat dan teratur. Tak hanya dari dalam, faktor dari luar seperti kesehatan kulit pun harus diperhatikan, lho, Friends. Salah satu masalah kesehatan yang penting tetapi sering diabaikan oleh pekerja kantoran, padahal kulit adalah salah satu hal yang menunjang penampilan diri. Penampilan yang bersih dan rapi akan memberikan kesan baik pada lawan bicara dan memberikan rasa percaya diri.

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit manusia secara alami akan mengalami penuaan, tetapi masalah ini bisa datang dari faktor luar dan terjadi lebih cepat jika kita tidak merawatnya. Baik perempuan maupun laki-laki, ada baiknya menggunakan skincare untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, ada salah satu skincare yang sering diabaikan karena dianggap tidak penting. Apalagi seseorang yang bekerja di dalam ruangan sepanjang hari. Yup, sunscreen, atau tabir surya sering diabaikan karena banyak orang merasa tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sunscreen ini adalah salah satu skincare yang wajib digunakan karena banyak sekali manfaatnya. Sunscreen sendiri dipakai untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Sinar UVA ini dapat menimbulkan kerusakan pada kulit karena bisa menembus bagian terdalam kulit. Akibatnya, sinar UVA dapat mempercepat penuaan serta menyebabkan keriput dan flek hitam. Sementara sinar UVB memiliki panjang gelombang yang lebih kecil dari sinar UVA, namun radiasi sinar UVB lebih kuat sehingga resiko terkena kanker kulit pun makin besar.

Nah, memangnya apa saja sih manfaat dari sunscreen sampai wajib digunakan? Yuk, simak!

Melindungi kulit dari sinar matahari

Tanpa disadari, manusia terpapar sinar UV sepanjang hari walaupun hanya di dalam ruangan saja. Sinar UV sendiri dapat menembus awan dan kaca pada cuaca mendung sekalipun. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Efek buruk yang dapat dirasakan adalah kulit menjadi merah, kering, mengelupas, perih, mempercepat proses penuaan dini, bahkan kanker kulit. Nah, untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan untuk melindungi kulit agar tidak terbakar dan terlihat kusam.

Mencegah penuaan dini

Pasti rasanya bahagia kan, kalau ada yang bilang kita awet muda? Nah, jika kalian mau menjaga kulit wajah maupun badan agar tetap bersih dan kencang, sunscreen adalah jawabannya! Sunscreen membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Efek buruk dari paparan sinar matahari dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.  Misalnya, kulit kering, kasar, muncul bintik hitam, garis halus, bahkan kerutan pada wajah. Bila tanda-tanda penuaan dini tersebut tidak ingin terjadi, gunakanlah sunscreen setiap hari sebelum melakukan aktivitas.

Mencegah kanker kulit

Bila terlalu sering atau terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. DNA yang mengalami kerusakan berisiko menyebabkan kanker kulit. Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mencegah pengaruh buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, risiko terkena kanker kulit ini dapat diminimalisir.

Sunscreen yang digunakan akan bekerja secara optimal dengan menyesuaikan sunscreen dan kondisi kulit serta memiliki SPF minimal 30. Semakin besar nilai SPF pada sunscreen, semakin sedikit sinar UV yang terserap pada kulit. SPF tinggi ini juga membantu memaksimalkan penyerapan vitamin D ketika berjemur. Selain itu, meski ampuh menghalangi kulit dari bahaya sinar matahari, sunscreen disarankan untuk diulang pemakaiannya setiap 2 jam sekali.

Gimana, Friends? Walaupun pekerjaan kalian hanya didalam ruangan, tetapi kesehatan kulit tetap penting dan bisa meningkatkan rasa pede saat berelasi dengan rekan kerja. Dengan mengetahui manfaat atau fungsi sunscreen di atas, semoga kamu jadi rajin menggunakan sunscreen, ya!

Monica Nabila

Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir