PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Great Things Never Came From Comfort Zones

07 November 2022

Seperti yang kita ketahui bahwa zona nyaman merupakan suatu situasi dan kondisi dimana kita merasa nyaman dan aman sehingga kita cenderung melakukan hal yang itu-itu saja tanpa adanya inovasi maupun pelajaran baru yang terkesan monoton dan membosankan. Kenyamanan ini akan menjadi masalah karena kita dibuat malas untuk melakukan sesuatu yang lebih beresiko dan menantang. 

Alasan kebanyakan orang memilih untuk berada di zona nyaman adalah mereka tidak siap untuk menerima perubahan karena dengan keluar dari zona nyaman, kita tidak akan tau apa yang akan terjadi nantinya apakah akan menjadi lebih baik atau tidak. 

Tidak ada salahnya untuk kita keluar dari zona nyaman karena kita akan belajar hal baru yang akan membantu kita berkembang, memperluas hubungan sosial yang nantinya akan menambahkan wawasan kita terhadap hal baru, mengenal diri sendiri serta menemukan potensi yang kita miliki selama ini. Lalu bagaimana caranya untuk keluar dari zona nyaman tersebut?

Mengubah rutinitas
Keluar dari zona nyaman tentunya tidak bisa instan melainkan kita harus lakukan itu secara bertahap yang bisa dimulai dari hal - hal kecil seperti mengubah jadwal harian kita seperti memulai untuk bangun lebih awal, melakukan olahraga rutin, membaca buku dan lainnya. Kita harus menanamkan pemikiran kita bahwa kita hanya hidup sekali oleh karena itu kita harus melakukan hal tersebut setidaknya sekali karena tanpa mencobanya, kita tidak akan pernah tahu sejauh mana kita sudah belajar dań memahaminya.  Dengan melakukan hal ini nantinya kita akan merasa terbiasa dan tentunya akan membantu kita juga untuk menyesuaikan diri kita terhadap perubahan yang terjadi.
 

Mengambil kesempatan dari pengalaman sehari - hari
Saat sedang berusaha untuk keluar dari zona nyaman, kita harus terus mencari segala cara untuk mengembangkan diri kita dengan mengubah cara pandang kita terhadap keseharian kita seperti yang biasanya kita menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, cobalah untuk menggunakan transportasi umum karena nantinya kita akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang bisa dipelajari dari pengalaman keseharian kita jika kita berusaha untuk mengeksplorasi segala sesuatu dari sisi yang berbeda. Alangkah baiknya jika kita melihat kesempatan tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan bertumbuh.
 

Lakukan dengan konsisten
Dikarenakan kita sedang membiasakan diri terhadap hal yang baru,kita harus berkomitmen dan memiliki tekad yang kuat agar apa yang sudah dilakukan tidak sia - sia. Semakin kita rutin melakukan sesuatu maka akan semakin dekat juga keberhasilan yang ingin dicapai.

Nah, bagaimana? seperti yang sudah dibahas diatas, keluar dari zona nyaman itu membutuhkan usaha dan tekad yang kuat serta jangan ragu untuk melakukannya dan kita juga harus memiliki keyakinan sepenuh hati untuk meninggalkan kebiasaan lama sehingga nantinya jika kita sudah terbiasa melakukannya tentunya kita akan merasa nyaman loh. Justru dengan kita yang enggan keluar dari zona nyaman, kita akan menyiakan kesempatan yang telah ditawarkan kehidupan untuk diri kita sendiri. 

Nixie Renda Wihardja

Employer Branding Intern

Artikel Lainnya

Cari Karir