PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Friendly Working Environment

22 November 2021

Tau gak sih, lingkungan kerja ternyata bisa mempengaruhi tingkat stres karyawannya? 

Dikutip dari Wikipedia, lingkungan kerja yang toxic biasanya dideskripsikan dengan adanya konflik personal yang terjadi antar para karyawannya. Misalnya, adanya tingkat persaingan yang tinggi untuk mencapai posisi tertentu atau adanya motif untuk mendapatkan atensi tertentu. Pertikaian seperti ini dapat mempengaruhi produktivitas karyawan.

Berikut adalah tanda-tanda kamu berada di lingkungan kerja yang toxic:

Kurangnya komunikasi antar karyawan

Komunikasi yang buruk dapat mendatangkan masalah untuk organisasi. Tujuan organisasi akan sulit tercapai jika terjadi banyak miskomunikasi antar pekerja. Misalnya, ada projek yang sedang dijalankan tanpa komunikasi yang baik antar anggota kelompoknya, maka bisa saja tercipta pemahaman yang berbeda pada setiap anggotanya. Hal ini tentu dapat memunculkan pertikaian antar anggota.

Gosip di kantor 

Bergosip di kantor, mungkin awalnya tidak membawa dampak yang signifikan, namun ketika hal tersebut menjadi suatu kebiasaan, maka kelamaan akan mempengaruhi kondisi lingkungan kerja, khususnya relasi antar karyawan. 

Rekan kerja yang tidak suportif 

Kadang kita mendengar orang-orang sering berkata, “saya meninggalkan pekerjaan saya karena rekan kerja atau atasan saya tidak suportif”. Memiliki rekan kerja dan atasan yang suportif tentunya akan membuat kita merasa lebih nyaman saat bekerja. 

Jadi, itulah beberapa tanda-tanda kamu berada di lingkungan kerja yang toxic. Terdengar gak asik yah?

Jadi ada baiknya setiap individu bisa berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan yah, selain baik untuk sekitar pastinya untuk kebaikan diri sendiri. Di BCA sendiri, selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, baik melalui kegiatan morning briefing, team engagement/ rekreasi, komunitas dan kegiatan menarik lainnya di luar pekerjaan loh!

Putri Stefanie

Recruitment Team

Artikel Lainnya

Cari Karir