PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Etika Kebiasaan Bertemu Secara Virtual

22 October 2021

Selain karena tuntutan perkembangan jaman dan teknologi, adanya pandemi Covid-19 membuat banyak orang tidak  asing dengan platform meeting online. Mulai dari sekolah, hingga  aktivitas pekerjaan kantor yang banyak memanfaatkan platform meeting online, baik untuk proses pembelajaran (training), hingga berkolaborasi dalam pekerjaan. Berbagai aktivitas yang sebelumnya  dilakukan dengan bertemu dan bertatap muka secara langsung, sekarang dibatasi hanya secara virtual lewat layar. 

Walaupun kita hanya bertemu secara virtual, profesionalitas harus tetap terjaga loh! Di artikel kali ini, akan membahas apa aja sih etika meeting online yang harus kamu ketahui :  

Tetap on time 

Walaupun hanya berdiskusi secara online, tetaplah menjadi orang yang disiplin waktu. Jangan biarkan orang lain menunggu kedatangan kamu. Melalui disiplin waktu, kamu dapat menunjukkan komitmen kamu terhadap janji yang telah disepakati loh. Selain itu, masuk ke link meeting lebih awal juga akan membuat kamu bisa lebih matang mempersiapkan segala sesuatunya, seperti melakukan pengecekan koneksi internet dan mempersiapkan materi yang akan dibagikan.

Berpakaian rapi

Mengikuti meeting dari rumah, bukan berarti juga menggunakan pakaian santai sehari-hari di rumah. Berpakaian rapi sangat penting untuk menjaga kesan professional. Selain itu dengan menata diri dan berpakaian rapi, kamu akan merasa lebih percaya diri untuk menghadapi lawan bicara pada saat meeting dan lebih siap melakukan pekerjaan yang akan dihadapi.  

Aktifkan mode video

Ketika belum bisa bertemu secara tatap muka, mode video dapat membantu menjaga komunikasi yang akan dijalin. Dengan melihat ekspresi lawan bicara, proses diskusi akan terasa lebih hidup, fokus terhadap topik, serta lebih saling menghargai. 

Matikan mikrofon jika tidak diperlukan 

Gangguan suara dapat mendistraksi proses diskusi yang sedang dilakukan. Jika kamu sedang tidak memiliki kebutuhan untuk berbicara/berpendapat, pastikan mikrofon mu dalam kondisi non aktif, terutama jika situasi di sekitarmu berpotensi mengganggu kenyamanan berdiskusi. Kamu dapat mengaktifkan nya ketika ingin mengutarakan pendapat/menjawab pertanyaan. 

Cari tahu / buat kesepakatan ketika mengikuti meeting online

Agar meeting berjalan lancar, cari tahu atau buatlah kesepakatan  bersama dengan anggota meeting lainnya. Kesepakatan yang dibuat bisa seperti menuliskan pesan di chat jika memiliki keperluan untuk mengangkat telepon atau ke toilet, dan kesepakatan lainnya yang dirasa dapat menunjang efektivitas meeting-mu.

Gimana? Mudah untuk diterapkan bukan? Selain hal mendasar di atas, pastikan kamu memahami berbagai fitur yang ada di platform meeting online mu sehingga tidak ada lagi alasan komunikasi online tidak bisa berjalan secara efektif. Semoga dengan artikel ini dapat menambah persiapkan kamu ketika ingin mengikuti diskusi secara online yah!  

Gisela Valensia

Recruitment Team 

Artikel Lainnya

Cari Karir