PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Cari Kerja di Era Digital, Siapa Takut?

20 May 2022

Halo, Goodfriends! Apakah kamu merupakan salah satu dari banyak orang yang sedang mencari pekerjaan? Atau kamu pernah punya pengalaman dalam mencari kerja? Jika ya, tentu kamu menyadari bahwa mencari pekerjaan merupakan hal yang susah-susah gampang. Pada masa generasi orang tua kita, mencari kerja umumnya dilakukan dengan membawa map lamaran berisi data pribadi ke sana-sini. Namun, di era digital waktu kita sekarang, melamar kerja sudah dapat dilakukan hanya dengan mengirim email. Bahkan, ada yang tinggal mengisi profil diri pada situs karir perusahaan yang dituju.

Meski terlihat lebih mudah, ternyata era digital juga punya tantangannya sendiri, loh! Yuk, langsung simak tips-tips berikut agar kamu lebih siap menghadapi hiruk pikuk dalam dunia pencarian kerja di era digital.

Perhatikan syarat dan lengkapi semua dokumen yang diperlukan

Ketika menemukan lowongan pekerjaan, cermati dulu syarat dan kualifikasi yang diperlukan posisi tersebut. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan, misalnya, terkait jenis kelamin, usia maksimum, pendidikan terakhir, lokasi penempatan, dan kualifikasi kerja. Sebagai calon pekerja, pastikan kamu teliti untuk hal-hal yang terlihat sederhana seperti ini. Setelah itu, catat dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan, seperti CV, resume, portofolio, dan sebagainya. Terdapat juga beberapa lowongan yang bisa saja mewajibkanmu untuk mengerjakan tugas tertentu sebagai asesmen awal. Persiapkan semuanya dengan baik sesuai ketentuan. Selanjutnya, perhatikan timeline pengumpulan berkas, tes psikotes, interview, atau berbagai tahapan lainnya agar kamu dapat mempersiapkan diri.

Cek email yang akan dikirim dan pantau email yang masuk.

Di era serba digital ini, email telah menjadi salah satu media perpesanan paling resmi yang menghubungkan antara pihak perusahaan dan pelamar. Ketika kamu hendak melamar kerja melalui email, pastikan untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan dan formal dalam menyampaikan maksud dan tujuan. Isi email kamu juga sebaiknya terstruktur dan tidak berbelit-belit. Jangan lupa cek ulang setiap kali akan mengirim pesan untuk menghindari kesalahan penulisan atau file yang belum terlampir. Setelah itu, biasakan untuk cek kotak masuk email kamu secara berkala agar tidak ketinggalan informasi, ya!

Lakukan interview dengan layak

Interview kerja semakin sering dilakukan secara online di era digital. Meski tidak bertemu secara fisik dengan interviewer, persiapan yang matang juga perlu dilakukan. Pastikan kondisi fisik dan pikiran kamu dalam keadaan yang baik. Persiapkan berbagai keperluan yang ada, seperti ruangan yang tenang, perangkat yang mumpuni, jaringan internet yang stabil, earphone, catatan, dan sebagainya. Jangan lupa juga menjaga etika dengan berpakaian yang sopan dan berbicara yang santun selama interview untuk memberikan kesan pertama yang apik.

Cari pekerjaan dari sumber yang resmi

Era digital memungkinkan informasi tersebar lebih mudah dan cepat, termasuk informasi lowongan kerja palsu. Agar terhindar dari penipuan, carilah lowongan pekerjaan hanya dari situs karir resmi perusahaan atau situs pencarian kerja terpercaya yang sudah terverifikasi. Tawaran posisi kerja di situs ini umumnya tidak memungut biaya sama sekali. Jika kamu menemukan informasi lowongan dari sumber lain atau teman, pastikan kontak narahubung dan media sosial tertera jelas dan menuju ke sumber resminya. Kamu juga dapat memastikan info ini dengan langsung menghubungi kontak yang tertera di situs aslinya. Berikut adalah akun resmi karir BCA :

Instagram        : @lifeatbca

Linkedin           : PT Bank Central Asia Tbk 

Website karir   : karir.bca.co.id 

Nah, itulah tips-tips seputar mencari pekerjaan di era digital. Buat kamu yang tertarik bekerja di dunia perbankan, kamu bisa langsung mencari lowongan yang tepat buatmu di karir.bca.co.id. BCA menyediakan berbagai posisi yang dapat mewadahi hampir semua jurusan pendidikan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jadi, kamu tidak harus berasal dari jurusan ekonomi untuk kerja di BCA. Untuk kamu yang baru saja lulus atau bahkan sedang menempuh pendidikan, BCA juga punya programnya, loh! Yuk, langsung eksplor berbagai posisi yang ada dan mulai pengalaman kerjamu bersama BCA! 

Artikel Lainnya

Cari Karir