PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

BCA in Digital Transformation Era: Lebih Cepat, Lebih Efisien dengan RPA

29 December 2021

RPA atau Robotic Process Automation adalah teknologi otomasi yang memungkinkan perangkat lunak komputer meniru tindakan yang biasanya dilakukan oleh manusia yang berinteraksi dengan sistem digital untuk menjalankan proses bisnis.


Tujuan penggunaan RPA adalah untuk meminimalisir proses-proses yang bersifat manual, repetitif atau administratif sehingga resource/human yang mengerjakan proses tersebut dapat dialihkan mengerjakan pekerjaan lain yang membutuhkan critical thinking, decision making, people development dan creativity.


RPA bukan merupakan robot fisik seperti yang kita temui pada industri manufaktur atau robot yang dapat berjalan dan berbicara menyerupai manusia. RPA merupakan tools otomasi yang bersifat cross functional dan cross application. Jadi, RPA dapat menjadi jembatan otomasi antar aplikasi maupun menjalankan berbagai fungsi untuk mendukung pekerjaan otomasi tersebut. Bisa jadi lebih cepat, bukan? 

RPA beroperasi layaknya tangan dan mata manusia pada system digital yaitu melalui UI interface, lalu menirukan klik mouse maupun ketukan keyboard untuk menyelesaikan proses pekerjaan sesuai proses bisnis. RPA bersifat customized dan made to order, disesuaikan dengan flow proses bisnis yang hendak di otomasi. 

Teman-teman mungkin bertanya-tanya proses apa saja yang cocok untuk di otomasi? Proses yang cocok untuk di otomasi menggunakan RPA adalah proses-proses seperti berikut ini.

  • Highly manual and repetitive processes
    Proses dengan tingkat manual yang tinggi (administratif), sifatnya berulang (repetitif), proses yang mempunyai volume transaksi yang tinggi yaitu running daily atau weekly dimana melibatkan pekerjaan manual yang memiliki potensi human error

  • Mature and stable processes
    Prosesnya harus stabil, telah berjalan manual dalam kurun waktu tertentu, tidak melibatkan aplikasi atau proses kerja yang baru diimplementasikan.

  • Rule based processes
    Aktivitas atau pekerjaan yang hendak di otomasi harus memiliki instruksi yang jelas, prosesnya juga telah terdokumentasi dengan baik (memiliki dokumentasi proses kerja).

  • Low exception rate
    Aktivitas yang hendak di otomasi memiliki skenario error handling dan seluruh skenario positif maupun negatif telah terkuantifikasi seluruhnya. 

Dengan RPA yang telah banyak diimplementasikan ke berbagai Unit Kerja, banyak manfaat yang dirasakan oleh #TeamBCA, seperti: 

  • Meningkatkan efisiensi

  • Meningkatkan produktivitas

  • Improve service level, proses selesai lebih cepat dari yang diharapkan

  • Mengurangi bahkan menghilangkan human error

  • User satisfaction, karyawan dapat dialihkan ke tugas lain

  • Cost benefit

  • Zero lateness

Selain itu, salah satu benefit yang dirasakan pada tahun ini adalah terkait kondisi pandemi, dimana kultur kerja berubah menjadi remote-first dan work from home (WFH) dan kelangsungan bisnis menjadi prioritas utama. Sesuai peraturan pemerintah, ditetapkan ketentuan untuk WFH sebagian dan hal ini berlaku pula bagi pekerja operasional BCA. Jumlah pekerja yang masuk dikurangi tetapi jumlah transaksi tidak berkurang. Dengan adanya RPA, proses manual jadi sangat terbantu, tentunya proses menjadi lebih cepat dan efisien. Pekerjaan manual dan administratif tetap dapat dikerjakan dengan RPA dan proses dapat dilakukan dengan cepat.  

Tentunya pada setiap tahapan pengembangan pernah ditemukan tantangan, contohnya proses manual ditemukan sumber data belum standar, sumber data masih dalam bentuk dokumen fisik, proses belum mature, aplikasi ditemukan tidak stabil, dan lain sebagainya. Ketika tantangan ditemui, yang diperlukan adalah komunikasi lintas stakeholders/user serta perbaikan proses kerja agar tantangan dapat teratasi dan otomasi dapat menjadi tepat guna bagi Unit Kerja.
 

Pada akhirnya, value dari Robotic Process Automation (RPA) akan terwujud ketika manusia dan robot masing-masing fokus pada tugas yang paling cocok untuk mereka.Dengan demikian, kolaborasi ini dapat membawa manfaat dan output yang terbaik bagi BCA dan tentunya bagi nasabah.


 

Nadya Viscalova Tindagi

Product Owner Robotic Process Automation (RPA)

Artikel Lainnya

Cari Karir