PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

3 Easy Ways to Manage Your Stress Level

25 March 2021

Apakah kamu pernah mengalami stres? Ternyata kamu tidak sendirian loh! Pekerjaan ditemukan sebagai salah satu penyebab stres terbesar pada orang dewasa selama beberapa tahun terakhir. Sekelompok peneliti dari University of North Carolina Chapel Hill dan Harvard Medical School merilis hasil survei yang mereka lakukan pada paruh kedua Mei. Hasil survei tersebut menyatakan bahwa situasi pandemi meningkatkan level stres sebanyak 55%. Oleh karena itu, sangat wajar apabila kita mengalami stres ketika menjalani aktivitas , terutama di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Tingginya tingkat stres dapat berdampak buruk karena dapat menurunkan performa karyawan (tingkat kesalahan yang lebih tinggi dan kualitas pekerjaan yang lebih rendah), serta meningkatkan turnover dan ketidakhadiran karyawan.

Sebagai karyawan yang baik, tentunya kita tidak ingin performa kita menurun bukan? Oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengelola tingkat stres kita nih! Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres sehingga tetap produktif:

1. Micro-breaks

Micro-break adalah break atau rehat singkat yang dilakukan beberapa kali di sela jam kerja. Micro-break terbukti bisa menurunkan stres karena pekerjaan, meningkatkan konsentrasi dan kebahagiaan, serta menghindari cedera akibat duduk terlalu lama. Beberapa contoh micro-breaks yang bisa diterapkan seperti: melakukan peregangan ringan (light stretches) di tempat duduk, toilet break sekaligus jalan-jalan singkat (dari tempat duduk menuju toilet), minum air, menonton video lucu yang singkat atau melihat pemandangan dari jendela kantor.

2. Mindfulness exercise

Mindfulness merupakan kegiatan memusatkan perhatian kamu pada hal yang terjadi di sekitar pada saat itu (the present moment) dengan penuh kesadaran dan tanpa penilaian. Walaupun teknik mindfulness sangat beragam, semuanya memiliki kesamaan di mana kita harus dengan sengaja fokus kepada keadaan saat ini dan membiarkan semua pikiran untuk mengalir. Beberapa manfaat dari melakukan mindfulness exercise adalah meningkatnya mood dan performa kerja, berkurangnya stres dan kecemasan, serta terbentuknya kemampuan untuk memperhatikan dan tetap fokus. Salah satu bentuk mindfulness exercise paling mudah adalah mindful breathing, di mana kita memfokuskan perhatian ke pernafasan dan alur pikir kita, tanpa berusaha untuk mengubah apa yang kita pikirkan.

3. Cleaning

Meskipun cleaning (merapikan tempat kerja, beres-beres rumah) merupakan aktivitas yang nampaknya hanya menambah pekerjaan, penelitian oleh Saxbe dan Repetti (2010) menunjukkan adanya hubungan antara cleaning dengan menurunnya tingkat stres. Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang-orang yang mendeskripsikan rumah mereka sebagai “berantakan” menunjukan level stres yang lebih tinggi dibanding orang-orang yang tidak mendeskripsikan rumah mereka sebagai berantakan. Menurut seorang psikolog, kegiatan bersih-bersih sendiri membuat seseorang merasa memiliki kontrol, dan hasil dari bersih-bersih tersebut membantu kita melepas beban mental yang kita rasakan. Dalam kondisi work from home seperti saat ini, bersih-bersih merupakan win-win solution untuk mengurangi stres sekaligus menjaga area sekitar kita untuk tetap rapi dah bersih!

Demikian tiga tips mudah yang dapat membantu mengelola stres dan mempertahankan produktivitas.  Terus cari tahu dan eksplorasi cara-cara yang paling sesuai dan efektif untuk dirimu. Karena apapun caranya, yang terpenting adalah  kamu dapat meregulasi rasa stres dan menjaga produktivitas sepanjang hari.

Sumber:

https://www.fastcompany.com/90407322/this-is-why-you-need-to-take-microbreaks-and-how-to-do-it-properly

http://agerrtc.washington.edu/info/factsheets/mindfulness

https://www.goodhousekeeping.com/health/wellness/a26898773/how-cleaning-helps-anxiety/

Artikel Lainnya

Cari Karir