Area Kerja IT di BCA

   

Perkembangan teknologi yang kian pesat merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh semua perusahaan di Indonesia, termasuk BCA. Menjawab tantangan ini, BCA terus mengedepankan inovasi agar dapat senantiasa menjadi bank yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Inovasi yang dilakukan BCA selama ini membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama bagian IT.

Application

Untuk mendukung perkembangan teknologi di Indonesia yang kian pesat, BCA terus mengedepankan inovasi agar dapat senantiasa menjadi bank yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Inovasi yang dilakukan BCA selama ini membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk bagian pemograman sistem aplikasi.

Beberapa contoh channel dan produk utama BCA yang membutuhkan pemrograman sistem aplikasi adalah ATM, EDC/POS, Mobile Banking, Internet Banking, Kartu Kredit, Flazz, dan sebagainya. Seorang programmer sistem aplikasi berperan untuk melakukan coding, testing dan pendokumentasian sistem aplikasi, serta memonitor secara rutin kelancaran operasional sistem aplikasi.

Lebih Lanjut

IT Infrastructure

Untuk mendukung transaksi yang selalu berlangsung, infrastruktur IT di BCA berprinsip pada high availability, high reliability, high security, dan high recoverability dari sistem yang ada.

Seorang IT specialist di area IT Infrastructure memiliki peran untuk memastikan bahwa kinerja sistem IT BCA berjalan dengan baik, melakukan pembaharuan terhadap sistem hardware/software yang sudah ada di Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC), sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan, mengelola automation system di DC dan DRC, melihat sistem hardware/software apa yang butuh diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya dan membuat dokumentasi konfigurasi IT Infrastructure, sehingga tidak ada data yang terlewatkan.

Lebih Lanjut

Network System

Network system merupakan urat nadi bagi kelangsungan sistem IT BCA.

Seorang Network System specialist akan mempelajari bagaimana BCA membangun jaringan komputer yang inovatif (data, voice, dan video) dengan aspek keamanan, kecepatan, integritas, dan ketersediaan informasi setiap saat bagi seluruh nasabah BCA untuk layanan Internet Banking, Cabang, Mobile Banking, ATM, Halo BCA, dll dengan menerapkan berbagai teknologi jaringan yang terkini termasuk penerapan konsep pengamanan jaringan yang termonitor oleh perangkat monitoring secara preventif maupun responsif.

Lebih Lanjut

Data Center Operation

Data Center (DC) merupakan pusat dimana semua proses IT BCA berjalan, sehingga pengelolaan dan pengoperasiannya sangatlah penting.

Demikian juga halnya dengan Disaster Recovery Center (DRC) yang harus selalu siap untuk menjadi backup apabila terjadi bencana yang menyebabkan DC tidak dapat diakses.

Lebih Lanjut

Data Warehouse & Data Mining

Di era perbankan modern, BCA selalu memastikan adanya inovasi dan selalu up to date dengan teknologi dan metode terbaru. Sejalan dengan itu, data telah menjadi sumber daya penting bagi perusahaan.

Data warehouse dan data mining merupakan komponen inti dari business intelligence yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan dalam dunia yang kompetitif saat ini. Seorang Data Specialist untuk data warehouse dan data mining berperan dalam melakukan pengelolaan, pengembangan, pemeliharaan, serta perbaikan terhadap database, data warehouse, maupun information repository lainnya.

Lebih Lanjut

IT Risk & Governance

Tim IT Governance berperan untuk memastikan agar strategi dan pelaksanaan di IT telah sejalan dengan strategi perusahaan.

Dalam melaksanakan perannya, seorang IT Governance Specialist akan melakukan pengumpulan fakta-fakta maupun data terkait prosedur IT serta ketentuan perusahaan, maupun pihak regulator.

Lebih Lanjut

IT Service Management

Pengguna jasa IT di BCA sangat banyak dan kebutuhannya pun bermacam-macam. Oleh karena itu, diperlukan tim khusus untuk memastikan bahwa proses IT Service Management di IT BCA berjalan dengan baik untuk menunjang Operasional serta service Data Center BCA.

Proses IT Service Management meliputi beberapa area seperti Problem Management, Change Management, Configuration Management dan Service Continuity Management.

Lebih Lanjut

Project Management

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan perkembangan atau penyesuaian kembali dalam sebuah aplikasi. Peran seorang IT Specialist di bidang Project Management adalah untuk melakukan evaluasi terhadap permohonan pembuatan atau perubahan aplikasi di BCA.

Selain itu, peran untuk memonitor pelaksanaan proyek di IT juga sangatlah penting untuk memastikan bahwa proyek dapat disampaikan secara tepat waktu.

Lebih Lanjut

Quality Assurance

Proses quality assurance diperlukan untuk menjaga kualitas jasa yang Bank BCA tawarkan. Seorang Quality Assurance Engineer memiliki peranan penting untuk membuat strategi dan perencanaan pengkajian terhadap kualitas atau kinerja dari software

Menyusun standar/manual Quality Assurance, mengkomunikasikan secara efektif dan menindaklanjuti isu-isu yang terkait Quality Assurance pada pengembangan aplikasi sistem, mengkoordinasikan dan memastikan implementasi continuous monitoring dan improvement plan dan mengamati tindak lanjut atas permasalahan yang ada untuk memastikan efektivitas penyelesaian atas masalah tersebut.

Lebih Lanjut

IT Trainee

BCA secara spesifik merancang sebuah program bagi lulusan Ilmu Komputer yang disebut sebagai IT Trainee untuk mempersiapkan tenaga profesional di bidang IT. Peserta IT Trainee akan mengikuti pelatihan selama 6 (enam) bulan di BCA.

Lulusan program ini akan diangkat langsung menjadi karyawan tetap dan ditempatkan di Divisi IT BCA. Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan uang saku, jaminan kesehatan, tunjangan hari raya, tunjangan akhir tahun dan tentunya pelatihan yang berkualitas dari BCA. Jadilah bagian dari kami!

Lebih Lanjut

Staf IT Kantor Pusat

Di era perbankan modern, BCA selalu memastikan adanya inovasi dan selalu up to date dengan teknologi dan metode terbaru. Inovasi yang dilakukan BCA selama ini membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama bagian IT.

Beberapa gambaran pekerjaan di Staf IT Kantor Pusat (Jakarta) yaitu Data Center Operation, Data Warehouse & Data Mining, IT Risk & Governance, IT Service Management, Project Management, dan Quality Assurance. Jadilah bagian dari kami!

Lebih Lanjut