Berita & Artikel

Posted on: 02-06-2017

Pancasila, Milik Kita Bersama

Satu, Ketuhanan yang Maha Esa.

Dua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Tiga, Persatuan Indonesia.

Empat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Lima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

 

Kelima kalimat tersebut pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita sebagai warga Negara Indonesia. Ya, karena mereka merupakan lima sila yang terangkum dalam Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Pancasila menjadi pondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agar di tengah keberagaman yang ada, segenap warga negara Indonesia tetap dapat berjalan beriringan menuju satu tujuan bersama dengan satu identitas yang sama, yaitu Bangsa Indonesia.

Seiring dengan diperingatinya hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, alangkah baiknya jika kita melihat kembali bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia dalam  menerapkan nilai-nilai Pancasila. Jika dirasa bahwa selama ini Pancasila tidak begitu dimaknai dan hanya sekadar sebuah istilah dalam sejarah panjang Bangsa Indonesia, maka inilah saat yang tepat untuk menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila. Untuk dapat mengaplikasikan Pancasila dalam hidup sehari-hari, tidak perlu melakukan suatu hal yang besar. Hal yang sederhana seperti membantu orang lain yang butuh pertolongan dengan tulus dan ikhlas sudah merupakan penerapan dari sila-sila Pancasila, khususnya sila kedua. Contoh lainnya adalah mengadakan rapat dalam mengambil suatu keputusan sebagai bentuk pelaksanaan musyawarah untuk mencapai mufakat.

BCA sebagai bank yang berdiri di Indonesia pun tidak lepas dari nilai-nilai Pancasila. Mengingat bahwa BCA tersebar mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, dengan ribuan karyawan yang memiliki latar belakang yang berbeda, maka penerapan nilai-nilai Pancasila juga menjadi aspek penting dalam kehidupan di BCA sehari-hari. Salah satu poin penting Pancasila dalam kehidupan di BCA adalah penghargaan. Pancasila mengajarkan kita untuk senantiasa menghargai setiap orang sebagai sesama manusia ciptaan Tuhan. Pancasila menjadi acuan bagi setiap insan BCA dalam bertindak dan berperilaku agar dapat menjadi warga BCA sekaligus rakyat Indonesia yang baik demi kemajuan bersama.

Nah, sudah lihat pentingnya Pancasila dalam kehidupan kita, bukan? Jadi, ayo hayati kembali dan terapkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup kita sehari-hari. Karena jika bukan kita yang melestarikan nilai-nilai Pancasila, siapa lagi?

Selamat hari lahir Pancasila! 

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Talent Community

Kirim resume Anda meskipun belum terbuka kembali lowongan kerja yang Anda inginkan. Kami selalu mencari talenta yang terbaik.

General Application

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.