Berita & Artikel

Posted on: 13-01-2017

Mencapai Tujuan dengan Tepat dan Efisien

“Resolusi saya di tahun 2017 ini adalah melanjutkan resolusi saya di tahun 2016 yang sudah di rencanakan sejak 2015 dan mulai disiapkan dari 2014”

Seperti tahun-tahun sebelumnya, awal tahun 2017 ini biasanya kita akan mulai menetapkan banyak goals atau ide untuk pencapaian yang lebih baik lagi di tahun ini. Namun apakah benar goals tersebut adalah hal yang benar-benar bermanfaat dan ingin kita capai di tahun ini? Biasanya banyak hal yang menarik yang ditawarkan dan menyebabkan kita kesulitan untuk fokus mencapai semua tujuan tersebut pada waktu bersamaan. Jangan sampai kita membiarkan hal yang benar-benar penting untuk kita capai di tahun ini menjadi terbengkalai akibat ketidakmampuan kita mengelola fokus di awal tahun 2017 ini.

Di BCA, kami menerapkan metode The 4 Disciplines of Execution (4DX), yang menekankan fokus dalam mencapai target dan mengeksekusi ide-ide terpenting. Misalnya, kita memiliki banyak target (5-7 target) yang harus di capai, kita harus fokus dengan satu atau dua target , yang disebut dengan Wildly Important Goals (WIG), yang mana merupakan prioritas paling penting atau bermanfaat bagi kita ditengah banyaknya berbagai tugas harian lainnya. Dengan fokus hanya ke tujuan prioritas, kita dapat memberikan usaha terbaik kita pada tujuan tersebut. Seringkali dalam perjalanannya akan banyak tugas sehari-hari kita yang terlihat mendesak namun sebenarnya bukanlah tujuan utama kita, itulah yang disebut dengan Whirlwind. Apabila kita ingin menyelesaikan seluruh whirlwind itu dalam waktu bersamaan, kita akan terlalu sibuk mengerjakan semuanya secara langsung. Selain itu, usaha yang kita berikan dalam mencapai target tersebut menjadi tidak maksimal. Karena tidak fokus, kita akan kebingungan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut sehingga waktu yang kita butuhkan lebih lama dan tidak efisien.

Selain harus fokus, kita juga harus memiliki guideline dan mencatat progress menuju pencapaian target tersebut. Pertama-tama kita melihat langkah awal yang harus dilakukan dan setelah itu kita lakukan dan kita catat. Lalu kita lihat kembali progressnya secara rutin dan menentukan apa langkah selanjutnya yang harus kita lakukan. Dengan proses tersebut, kita akan lebih mudah melihat apakah langkah untuk menuju tujuan kita sudah benar dan tepat sasaran, atau masih perlu diperbaiki lagi. Hal ini akan mempermudah kita dalam mencapai target.

Dengan menerapkan cara ini kami yakin pencapaian tahun 2017 ini pastinya akan lebih efektif dan efesien lagi. Jadi apakah kamu sudah siap untuk mewujudkan ide atau mencapai targetmu di tahun 2017 ini?

Referensi :

The 4 Disciplines of Execution (4Dx) Book

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Talent Community

Kirim resume Anda meskipun belum terbuka kembali lowongan kerja yang Anda inginkan. Kami selalu mencari talenta yang terbaik.

General Application

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.