Tentang PPTI

Kesempatan bagi Anda para lulusan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang berpotensi untuk dididik sebagai tenaga ahli dalam bidang Teknologi Informasi di Program Pendidikan Teknologi Informasi BCA.

Tentang Program Pendidikan Teknologi Informasi (PPTI)

Program Pendidikan Teknologi Informasi BCA (PPTI BCA) setara S1 non gelar yang diselenggarakan BCA merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dari BCA. PPTI BCA dirancang khusus untuk memberikan kesempatan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi. Program ini pertama kali berjalan di tahun 2013 dengan jumlah peserta sebanyak 29 orang (Angkatan 1).


Masa Pendidikan dan Waktu Belajar

Pendidikan diberikan oleh para dosen dari sejumlah universitas terkemuka dan ber tempat di Pusat Pelatihan BCA selama 30 bulan dengan jadwal pendidikan setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB dan Sabtu mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Kegiatan pendidikan selama 30 bulan dibagi menjadi 6 Cawu. Untuk menjamin kualitas lulusan PPTI, selama program akan dilakukan evaluasi pendidikan yang dilakukan per cawu yang dinyatakan dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Peserta dengan hasil IPK < 2,75 tidak dapat melanjutkan program pendidikan.


Apa yang dipelajari di PPTI BCA?

Kegiatan belajar bukan hanya diberikan pelajaran di kelas namun diberikan kesempatan melakukan magang di Unit Kerja Kantor Pusat BCA. Materi yang diberikan dalam PPTI BCA ini secara umum sama dengan materi di S1 Teknologi Informasi pada umumnya, dan diperkaya dengan beberapa materi pengembangan diri.


Fasilitas yang diberikan

Sebagai bagian dari program CSR BCA, selama pendidikan peserta tidak dipungut biaya sama sekali bahkan para peserta diberikan uang saku dan fasilitas berupa buku-buku pelajaran serta pemeriksaan kesehatan sesuai kebijakan perusahaan. Setelah peserta program berhasil menempuh pendidikan selama 30 bulan mereka akan diberikan penawaran untuk bekerja di BCA selama perusahaan membutuhkan tenaga kerja/karyawan, dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia.